Pj Bupati Pidie Serahkan Bantuan Alsintan Kepada 66 Poktan

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabup | Senin, 8 Juli 2024 | Berita 

Penjabat (Pj) Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., menyerahkan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 66 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Pidie, di Dinas Pertanian Kabupaten Pidie, (8/7/2024).

Sebelum dilakukan penyerahan, Alsintan tersebut dipeusijuk oleh Pimpinan Dayah Nurul Fatahillah Teubeng, Waled Musli, S.Pd.I.

Adapun beberapa Alsintan ini berupa 13 unit Traktor besar atau TR4, 30 unit Traktor Roda 2 (TR2) dan 23 unit pompa air ukuran 6 inchi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Pidie mengatakan, bantuan yang diterima ini dapat membantu satu sama lain antara poktan.

"Meski jumlahnya tidak seluruhnya teratasi kami harapkan bisa saling membantu antar kelompok yang lain. Dan dapat  dimanfaatkan secara bergantian tanpa ada masalah," katanya disela-sela sambutan.

Lebih lanjut, tambah Bupati Pidie, dirinya sengaja melibatkan alim ulama dalam mengatasi masalah pangan, dengan harapan mendapatkan berkah dari tahun ke tahun, dan sawah bisa ditanami serta membuahkan hasil maksimal.

Tidak lupa, Pj Bupati juga memberikan apresiasi atas kerja keras Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, Ir Hasballah, sudah sukses membawa pulang bantuan pemerintah pusat ini.

Sementara Itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Kadistanpang) Pidie, Ir Hasballah,MM., mengatakan, bantuan Alsintan ini merupakan Bantuan Darurat Pangan dari Pemerintah Pusat.

“Bantuan ini merupakan hibah ke masyarakat, ini ekses dari dampak kekeringan terjadi selama ini sehingga mengantisipasi gagal tanam pemerintah menyerahkan Alsintan,” terangnya.

Kadistanpang Pidie, menambahkan, bantuan Alsintan dibagikan ke 23 kecamatan, setiap Kecamatan mendapat satu Alsintan.

Kelompok tani yang menerima bantuan alsintan itu sebelumnya sudah mengajukan proposal bantuan kepada Pemkab Pidie. Semoga bantuan yang diterima kelompok tani dimanfaatkan secara optimal demi meningkatkan produksi pertanian,” pesannya.