Pemkab Pidie Raih Penghargaan Serambi Award 2024

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabup | Jumat, 31 Mei 2024 | Berita 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie berhasil meraih perhargaan Serambi Award 2024 dengan kategori Berhasil Turunkan Indeks Perkembangan Harga (IPH).

Adapun plakat penghargaan tersebut diterima Penjabat (Pj) Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto, M.Si., diwakili Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Setdakab Pidie, Firman Maulana, SSTP, MAP., di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat malam (31/5/2024).

Penghargaan yang diserahkan oleh Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur dan Wakil Pemimpin Perusahaan, Firdaus, itu diberikan untuk Pemkab Pidie karena tahun 2024 Pemkab Pidie meraih hasil positif dalam mengendalikan IPH.

Sementara untuk Indeks Harga Konsumen (IHK) dalam menekan laju inflasi, Pemkab Pidie merujuk ke Kota Banda Aceh.

Secara terpisah, Pj Bupati Pidie mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan satuan kerja perangkat Kabupaten (SKPK) Pidie  hingga semua stakeholder yang mendukung penuh terhadap program yang diusung Pj Bupati dalam mengendalikan inflasi di Pidie.

Lebih lanjut, kata Pj Bupati Pidie, salah satu strategi yang dilakukan untuk menekan inflasi di Pidie adalah dengan pendekatan agama.

Menurutnya, dalam mengendalikan inflasi di Pidie, pihaknya tidak terpaku pada harga barang semata. Melainkan yang paling urgen adalah mengarahkan atau membimbing masyarakat agar memiliki gaya hidup yang sesuai tuntunan dibawa Rasulullah SAW.

Demikian itu, dengan melakukan pendekatan religi diyakini mampu melakukan efisiensi ketika masyarakat tidak berfoya-foya mengisi hidup.

"Masyarakat tidak terseret dengan hidup foya-foya yang melampui batas. Masyarakat Pidie harus tetap istiqamah, dan harus mampu menjadi hamba yang bersyukur dengan mencari keberkahan dari Allah SWT," terang orang nomor satu di Pidie, Minggu (2/06/2024).

Ditambahkannya, kemudian terhadap harga kebutuhan pokok, alam telah berpihak kepada Kabupaten Pidie. Salah satunya dari sektor perikanan, di mana hasil tangkapan ikan nelayan di laut meningkat.

“Meningkatkan hasil tangkapan ikan karena kehendak Allah, yang tentunya dipengaruhi oleh akhlak masyarakat yang mampu bersyukur terhadap nikmat yang diberikan kepada manusia,” jelasnya.

Selain itu, ketika masyarakat memiliki gaya hidup sesuai tuntunan agama, maka Allah tetap memberikan hasil bumi yang terbaik. Baik sektor perikanan hingga pertanian maupun sektor lainnya.

“Mari masyarakat hidup sederhana dengan selalu mengendepankan menjadi masyarakat yang setiap detik mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT," demikian Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto.

Tags Pidie  Serambi Awards