MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro Salurkan Sembako

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabup | Senin, 15 November 2021 | Berita 

Madrasah Tsanawiyah Swasta Tgk Chik Dayah Cut Tiro, Kecamatan Tiro Truseb, Pidie secara kontiyu selama satu bulan terakhir melakukan penggalangan dana peduli bagi siswa miskin atau kurang mampu. Kepala MTsS Tgk Chik Dayah Cut Tiro, Tarmizi SPd mengatakan, dari hasil pemetaan jumlah siswa kurang mampu lebih mendominasi dalam  lingkup sekolah sehingga upaya penggalangan sedeqah dalam setiap hari jumatan menjadi solusi yang tepat dalam mengurangi beban hidup bagi para siswa. "Adapun penggalangan dana pe dulu siswa miskin ini dilakukan usai baca Yasinan, zikir dan doa bersama di setiap pekan khususnya pada setiap hari Jumat," sebutnya. Menurut Tarmizi program rutinitas jumat berbagi ini secara tidak langsung memberikan edukasi terhadap mentalitas bagi setiap siswa dalam membentuk sikap gemar berempati sosial atau berdonasi kepada segenap siswa terutama bagi kalangan siswa dengan latar belakang strata sosial miskin.

Sebagai langkah awal program peduli siswa miskin ini menjadi skala prioritas bagi internal sekolah dan program ini terus berjalan. Berikutnya juga, setelah tuntas maka program ini akan terus menjalar bagi siswa sekolah lainnya di seputaran Tiro Truseb. Setalah dana terkumpul dalam satu bulan terakhir maka mala secara langsung amanah dana ini disalurkan kepada empat siswa.

Adapun dana peduli ini diberikan kepada siswa yang selama ini diketahui dalam akses menempuh perjalanan ke sekolah dengan berjalan kaki rata-rata 10 sampai 14 KM. Karenanya pihak sekolah di kecamatan pedalaman Pidie itu berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk dapat menyahuti bus sekolah demi memperlancar akses menuju ke sekolah. Keempat siswa yang menerima bantuan dana itu masing-masing, Farajuba dan Jufrizal asal Gampong Panton Beunot. Lalu Nurazizah dan Muhammad Nazar asal Gampong Blang Rikui.

Setiap mereka diberikan Rp 220.000 yang selanjutnya diberikan dalam bentuk Sembako. "Penyerahan bantuan ini turut didampingi Waka kesiswaan Muzakir SAg, Waka Kurikurum Yusniar SAg, Waka Humas M Husen SAg, serta pengurus OSIM Siti Afifah Al-Bamurisa," ungkapnya.

 

Berita : Serambinews



Tags Pidie  Sembako Peduli Siswa Miskin