Diskominsa Pidie Bersama Duta Digital Kemendes Lakukan Pembekalan SIGAP Saweue Gampong

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Pidie | Kamis, 11 Juli 2024 | Berita 

Pidie - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Pidie bekerja sama dengan Duta Digital Kemendes melakukan pembekalan pendampingan perdana Sistem Informasi Gampong (SIGAP) Saweue Gampong kepada tiga Kecamatan di Kabupaten Pidie, Kamis (11/7/2024).

Acara yang dilaksanakan di Tanda Seru Cafe Tangse ini dihadiri oleh kader digital dan operator gampong dari Kecamatan Geumpang terdiri dari Gampong Bangkeh, dan Turue Cut. Kemudian Kecamatan Mane , yaitu Gampong Lutuen. Serta Kecamatan Tangse dari Gampong Ulee Gunong. 

Koordinator duta digital, Arifan Hendra , saat membuka acara mengatakan, duta digital berperan dalam mendampingi kader digital gampong. Oleh sebab itu, pihaknya berterima kasih kepada Diskominsa Pidie yang telah memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan tersebut.

Acara SIGAP Saweue Gampong merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di Kabupaten Pidie. Semoga kedepan kegiatan ini terus berlanjut demi kemajuan gampong, harapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominsa Pidie diwakili Kepala Bidang (Kabid) Sandi, Jerry Merisa, SP., mengatakan, kegiatan SIGAP Saweue Gampong sangat diperlukan oleh gampong dan sangat bermanfaat bagi jalannya tatakelola pemerintahan gampong.          

Sehingga memudahkan perangkat gampong dalam menjalankan kegiatan surat menyurat di pemerintahan gampong, jelasnya disela-sela sambutan dan arahan. 

Hal senada juga disampaikan, Kabid Aplikasi dan Informatika (Aptik) selaku pejabat teknis yang membidangi SIGAP, Sri Rahayu, SE., bahwa SIGAP sangat penting bagi tata kelola pemerintahan gampong untuk terciptanya pengelolaan pemerintahan gampong yang akuntabilitas.

Aplikasi SIGAP Saweue Gampong juga menjadi pendukung Program Inovasi Daerah Kabupaten Pidie Tahun 2024, terang Kabid Aptik.

Selanjutnya, usai pembukaan ceremony kegiatan dipandu oleh instruktur SIGAP Diskominsa, M. Iqbal, A.Md., didampingi Fajri Nur Sazli, A.Md.

Adapun para peserta dibekali arahan mengenai penggunaan Aplikasi SIGAP, dari cara menginput sampai dengan mencetak hasil inputan dari apilikasi SIGAP.

Instruktur juga memberi arahan cara membuat surat sampai mencetak surat dari Aplikasi SIGAP.[]

Tags Pidie  DISKOMINSA Pidie