Tingkatkan Kapasitas SP4N LAPOR, 58 SKPK Pidie Ikut Bimtek

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Pidie | Selasa, 13 Agustus 2024 | Berita 

Pidie - Sebanyak 58 admin penghubung Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang digelar Pemkab Pidie melalui Dinas Komunikasi Imformatika dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Pidie, di Kantor setempat, Selasa 13 Agustus 2024.

Adapun bimtek ini dalam rangka mendukung implementasi Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Kementerian PANRB bersama Lembaga Mitra Pembangunan UNDP dan KOICA bekerja sama dalam peningkatan pengelolaan pengaduan pada SP4N-LAPOR!.

Melalui proyek “KOICAUNDP Partnership for Capacity Development for an integrated National Complaint Handling System (SP4N-LAPOR) in indonesia".

Kepala Diskominsa Pidie, Ir. Zarbani, ST., dalam sambutan pembukaan mengatakan, bimtek pengelolaan ini bertujuan memenuhi kebutuhan Masyarakat Pidie dalam memperoleh pelayanan publik yang berkualitas, wajar dan adil.

“SP4N LAPOR ini berguna untuk merealisasikan kebijakan dalam menjamin hak sekaligus memberikan akses kepada masyarakat Pidie untuk berpartisipasi dalam kritikan maupun aduan yang sifatnya membangun,” jelasnya disela-sela sambutan.

Zarbani menambahkan, pihaknya berharap, secara berangsur-angsur pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR menjadi lebih baik dan berkualitas.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, semua perangkat Kabupaten dapat mengelola SP4N    LAPOR dengan memenuhi seluruh unsur dan indikator yang ditetapkan, baik itu terkait waktu tindak lanjut, monitoring dan evaluasi, keaktifan pengelolaan akun, serta rencana aksi untuk dapat menciptakan pelayanan publik yang prima dan berkukalitas.

"Kepada peserta bimtek untuk dapat menindaklanjuti seluruh komitmen yang telah kita bangun selama ini dengan cara memberikan respon yang cepat atas setiap aduan masyarakat yang masuk pada aplikasi SP4N Lapor demi terwujudnya pengelolaan pengaduan yang mampu memberikan respon dan solusi cepat serta terpercayam,” pinta Zarbani. []

Tags Pidie  Bimtek SP4N Lapor